Skip to content

Alfiananda's Blog

Just another WordPress.com weblog

Kata Islam merupakan kata nama yang berasal dari akar triteral s-l-m dan didapat dari tata bahasa Arab Aslama yaitu bermaksu” untuk menerima, menyerah atau tunduk”  Dengan demikian Islam berarti penerimaan dan penundukan kepada Tuhan (PASRAH). Penganutnya sendiri harus menunjukkan ini dengan menyembah-Nya, menuruti perinytahnya, menjauhi larangannya dan menghindari Politheisme.Secara Etimologis kata Islam diturunkan dari akar kata yang sama dengan kata “Salam” yang berarti “Damai”.

Dalam Skema Amaliyah Dinul Islam tingkatan awal dan paling awal atau juga tingkatan bawaan lahir yang wajib kita syukuri dengan sungguh-sungguh karena?

  • Sejak kapankah kita Islam?
  • Mengapa harus Islam agama kita?
  • Bilamana kita tidak Islam sejak lahir?
  • Apakah karena orang tua kita Islam ?

Pertanyaan di atas sebagai renungan kitabersama dan Dasar kita intik wajib bersyukur, karena nikmat Islam tersebut telah melekat pada kita hingga saat ini terlebih kita yang telah mengetahui dan meyakini Islam tersebut.Syarat fundamental dalam Islam adalah pengikraran bahwa tiada Tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah atau yang tertera dalam kalimat Syahadat.Bila seseorang telah mengucapkan 2 kalimat syahadat maka Sah-lah keislamannya dan menyandang gelar seorang muslim. Dan apakah dengan begitu telah sempurna keIslaman seseorang?tentulah belum karena Islam terdiri dari 5 pilar atau rukun Islam yang Sahih diakui.

  1. Syahadat
  2. Sholat
  3. Puasa
  4. Zakat
  5. Haji

Ke 5 Rukun tersebut juga bisa dianggap sebagai pilar Agama Islam yang aspeknya dan tata caranya tertera pada kitab fiqh. Namun dalam beribadah Islam pun juga Tak cukup dalam hanya yang nampak dari luarnya saja tetapi aspek Batin juga termasuk dalam Islam. apalah arti amal tanpa Ikhlas? bagaikan jasad tanpa Ruh.Janganlah hanya bagaikan patung yang digeraklkan? karena dalam tersebut memiliki Makna yang sungguh teramat dalam.

Islam yang sebenarnya melaksanakan ibadah dengan suka ria berlandaskan Al Qur.an dan As-Sunnah disertai Ikhlas maka buahnya akan berkembang hingga di Surga…….

Tags:

%d bloggers like this: